Download Document Word FULL
MAKALAH PERDAGANGAN
( Tugas Prakarya )
Disusun Oleh :
Ø Arga Juliana
Ø Sandi Prasetyo
Ø Adiatna Kurnia
KATA PENGANTAR
Segala puji hanya milik Allah.
Sholawat dan salam kepada Rasulullah.
Berkat limpahan rahmat-Nya penyusun mampu
menyelesaikan tugas makalah ini.
Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena
dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan
makalah ini. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan
teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Dalam makalah ini kami akan membahas masalah perdagangan.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih
banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran
yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi
pembaca dan teman-teman. Amin.
Kuningan, 25 Mei 2016
Penyusun,
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar................................................................................................
Daftar
Isi.........................................................................................................
Bab I Pendahuluan
..........................................................................................
A.Latar belakang.......................................................................................
B.Tujuan...................................................................................................
Bab II Isi
A.Pengertian perdagangan..........................................................................
B.Tujuan
perdagangan................................................................................
C.Hal-hal
yang mendorong timbulnya perdagangan .....................................
D.Tugas-tugas
perdagangan........................................................................
E.Alat-alat Perlengkapan Pembantu Kelancaran Perdagangan......................
F.Pengelola perdagangan............................................................................
Bab III Penutup
A.Kesimpulan
............................................................................................
B.Saran
.....................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dalam
menghadapi era globalisasi kini setiap perusahaan mengubah format strategi
pemasaran salah satunya berorientasi pada bagaimana membangun perusahaan yang
kuat. Oleh karena itu, perusahaan harus mengembangkan strategi pemasarannya
agar tetap bertahan ditengah-tengah gelombang persaingan untuk memasuki pasar
yang cukup tinggi. Dan satu yang tidak boleh dilupakan oleh perusahaan adalah
konsumen, perlu disadari bahwa perubahan gaya hidup saat ini menyebabkan
konsumen juga mempunyai cara sendiri dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
Setiap perusahaan dalam memasarkan produknya menerapkan berbagai macam strategi
pemasaran. Kegiatan pemasaran pada intinya memfouskan diri pada roduk,penerapan
harga, kebijakan distribusi dan cara promosi, yang dalam hal ini dikenal
sebagai bauran pemasran. Kegiatan pemasaran tentunya membutuhkan sesuatu
strategi. Strategi ini tentunya harus mampu memberikan kontribusi terhadap
pencapaian tujuan perusahaan yaitu meningkatkan penjualan. Maka dari itu
masyarakat Indonesia saat ini sangat membutuhkan pengetahuan tentang
perdagangan, vbagaimana cara berdagang yang baik dan benar sehingga dapat ukses
dalam berdagang, khususnya para generasi muda, terutama mahasiswa, mereka
dituntut untuk dapat menemukan trobosan-trobosan baru dalam berdagang, sehingga
kegiatan perdagangan dapat mencapai kesuksesan.
B.Tujuan
Tulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, khususnya para mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung agar dapat memahami dan mengerti arti dari perdagangan, bagiaimana cara bardagang yang baik, dan lain-lain agar nantinya nantinya dapat menjadi bekal hidup, khususnya bagi mahasiswa yang mempunyai jiwa dagang, insya Allah ini akan berguna untuk menambah wawasan dagang mahasiswa, sehingga kelak akan menjadi pedaganga yang professional dan dapat membawa kepada kesuksesan yang di impikan
Tulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, khususnya para mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung agar dapat memahami dan mengerti arti dari perdagangan, bagiaimana cara bardagang yang baik, dan lain-lain agar nantinya nantinya dapat menjadi bekal hidup, khususnya bagi mahasiswa yang mempunyai jiwa dagang, insya Allah ini akan berguna untuk menambah wawasan dagang mahasiswa, sehingga kelak akan menjadi pedaganga yang professional dan dapat membawa kepada kesuksesan yang di impikan
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengetrian perdagangan
Perdagangan adalah seluruh kegiatan usaha dagang yang dilakukan orang-orang dan
badan-badan, yaitu dalam pembelian dan penjualan atau pertukaran barang dan
jasa, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.
B.Tujuan perdagangan
Tujuan-tujuan kegiatan perdagangan
antara lain:
1. Memenuhi kebutuhan manusia.
2. Memperoleh penghasilan.
3. Mengusahakan pemerataan hasil.
4. Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
5. Mendorong kegiatan ekonomi lainnya.
6. Mendorong kemajuan dibidang-bidang
tertentu.
C.Hal-hal yang mendorong timbulnya
perdagangan
Hal-hal yang mendorong terjadinya perdagangan yaitu:
1. Kebutuhan manusia yang tidak
terbatas dan beraneka ragam jenisnya.
2. Adanya perbedaan kecakapan antara
manusia yang satu dengan yang lainnya.
3. Letak geografis dimana manusia itu
hidup.
4. Latar belakang dan kemajuan
pendidikan, kebudayaan, berhubungan, dan bidang teknik.
5. Pertambahan jumlah penduduk.
D.Tugas-tugas perdagangan
Perdagangan adalah merupakan penghubung keduaya, maka pada dasarnya tugas-tugas
perdagangan, antara lain sebagai berikut:
1. Mengumpulkan atau membeli barang
dagangan.
2. Memilih atau menyortir dan
mengelompokkan barang-barang dalam kualitas tertentu
3. Menyimpan barang.
4. Memindagkan barang ketempat yang
tidak ada atau kekurangan barang tersebut.
5. Membagikan atau mendistribusikan
barang dari produsen kepada konsumen dengan jalan penjualan.
E. Alat-alat Perlengkapan Pembantu
Kelancaran Perdagangan
Untuk mrncapai kelancaran dalam perdagangan, ada beberapa alat perlengkapan
yang biasa digunakan, antara lain:
1. Alat tukar menukar, seperti: uang
kertas dan logam, cek, giro bylet, kartu kredit, dan lain-lain.
2. Alat-alat pengukur seperti:
pengukur berat, pengukur isi, panjang pengukur luas,dan lain-lain.
3. Dikumen-dokumrn dagang sepert:
surat kontrak, bukti order, bukti penawaran, tanda terima, dan lain-lain.
4. Surat-surat berharga seperti :
saham, obligasi, wesel bayar, wesel tagih, sertifikat saham, dan lain-lain.
5. Alat-alat komunikasi seperti:
telepon, telegrap, faximili, computer, surat, media cetak, dan lain-lain
6. Alat transportasi seperti: mobil,
motor, kapal laut, pesawat terbang, kerata, dan lain-lain
F.Pemgelola Perdagangan
Apabila kita lihat dari sudut pelaksana atau pengelolaanya,maka perdagangan ini
maka dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Perdagangan yang dikelola oleh pihak
swasta.
2. Perdagangan yang dikelola oleh
pemerintah pusat maupun daerah,umumnya berupa BUMN dan BUMD.
Bab
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Jadi, perdagangan adalah keseluruhan kegiatan usaha dagang yang dilakukan oleh orang-orang atau badan-badan, yaitu membeli atau menjual dengan maksud utama memperoleh keuntungan..
Jadi, perdagangan adalah keseluruhan kegiatan usaha dagang yang dilakukan oleh orang-orang atau badan-badan, yaitu membeli atau menjual dengan maksud utama memperoleh keuntungan..
B. Saran
1. Diharapkan para mahasiswa mampu berdagang dengan baik, dengan cara yang baik, agar kelak Indonesia mampu menguasai pasaran dunia.
2. Agar mahasiswa dapat melakukan perdagangan dengan baik maka mahasiswa harus lebih banyak mencari informasi dan pengetahuan tantag perdagangan.
1. Diharapkan para mahasiswa mampu berdagang dengan baik, dengan cara yang baik, agar kelak Indonesia mampu menguasai pasaran dunia.
2. Agar mahasiswa dapat melakukan perdagangan dengan baik maka mahasiswa harus lebih banyak mencari informasi dan pengetahuan tantag perdagangan.
0 komentar:
Posting Komentar